Search intent adalah tujuan dari seseorang melakukan pencarian di mesin pencari. Tujuan tersebut bisa berupa suatu upaya pencarian informasi, jawaban atas pertanyaan, lokasi dan bahkan melakukan pembelanjaan. Search Engine misalnya google mempelajari data pencarian tersebut di dalam algoitmanya untuk menentukan apa yang sebaiknya di tampilkan melalui Google.
Sebagai seorang SEO Spesialis sangat penting sekali bagi kita untuk memahami apa yang di cari oleh seseorang di mesin pencari. Sebab, hal ini menentukan apakah konten yang kita sajikan di website sudah memenuhi apa yang di cari oleh pengguna, sehingga meningkatkan ranking halaman website kita di pencarian google.
Jika website kita ingin mendapatkan ranking yang tinggi dari google, sangat penting bagi kita untuk memahami intensi dari sebuah keyword.
Penjelasan Search Intent
Setidaknya ada 3 jenis search intent yang digunakan oleh seseorang menurut Google. Berikut adalah penjelasannya :
1. Informational
Tipe intensi ini adalah seseorang yang sekedar mencari informasi-informasi tertentu atas apa yang dia cari. Jika kita kaitkan dengan intensi digital marketing terkhusus “kamera digital”, kita dapat menganalogikan seseorang yang sedang mencari informasi mengenai kamera digital secara umum. Seperti apa itu kamera digital, spesifikasinya, kegunaannya dan berbagai informasi lainnya berkenaan dengan kamera digital. Pada tahap ini penting bagi seorang SEO spesial menerka dan menentukan infromasi beserta kata kunci apa yang bisa membidik orang-orang pada tahan informational.
2. Consideration
Pada tahap consideration seseorang sudah mulai mempertimbangkan mengenai informasi yang lebih spesifik dan mulai membandingkan-bandingkan. Misalnya, pengguna mulai membandingkan antara kamera digital tertentu baik antar merk maupun dalam merk yang sama. Terhadap fitur, spesifikasi, harga dan berbagai hal lainnya yang berkaitan. Pada tahap ini seorang SEO Spesialis yang membawahi sebuah brand kamera tertentu wajib untuk membuat sebuah konten yang menarik dengan kata kunci yang sesuai, sehingga mampu menggiring calon pembeli pada tahap selanjut nya.
3. Transactional
Pada tahapan transactional seseorang sudah tahu detail dan spesifikasi atas produk yang ingin dicari/dibeli. Pada tahapan ini pencari sudah secara mantap dengan pilihannya dan mulai mencari tempat yang cocok untuk membeli kamera tersebut. Contoh keyword yang biasanya digunakan : Beli Canon Rebel Xti atau harga canon Revel Xti.
Demikianlah 3 jenis search intent menurut Google, silahkan apabila ada pertanyaan. Saya siap menjawab pertanyaan anda. Terima kasih.

Leave a Reply