Apa yang Baru?
Pada algoritma terbaru Instagram di 2023 ini, Instagram mencoba untuk memberikan kita suatu konten yang paling relevan untuk kita. Selain daripada itu antara satu fitur dan lainnya memiliki algoritma yang khas dan berbeda.Hal ini bertujuan supaya, konten yang kita dapatkan benar-benar terpersonalisasi berdasarkan interest/ preferensi.
Hal ini berdampak kepada antara satu orang dengan yg lainnya tidak akan melihat konten yang sama di Halaman IG mereka. Namun satu org yg sama mengelola dua akun yg berbeda ada kemungkinan mendapatkan konten interest/preferensi yg persis sama. Kenapa bisa begitu? Mari kita bahas secara lebih terperinci pada mini book ini.
Feed dan Story
Pengguna Instagram biasanya ingin melihat feed dan History dari teman dan keluarganya. Sehingga algoritma yang digunakan pada bagian ini kurang lebih sama. Disamping adanya Iklan, Feed dan Story hanya akan menampilkan konten dari orang yang kita ikuti. Untuk memberikan konten yang tepat instagram mempertimbangkan beberapa hal:
Post info = algoritma melihat popularitas berdasarkan jumlah like. Namun hal-hal minor lain juga di perhatikan seperti jadwal pos, durasi (dalam hal video), dan lokasi (jika tersedia).
Isi konten = untuk melihat seberapa pentingnya seseorang dalam IG terhadap kita, Instagram melihat seberapa sering kita berinteraksi dengan seseorang tersebut di IG dan apakah interaksi tersebut masih baru.
Aktivitas user = instagram mencoba memahami interest kita berdasarkan seberapa banyak postingan yang kita sukai dan tipe konten apa yang kita engage terhadap nya.
History Interaksi= Instagram mencoba mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang minat umum kita dalam melihat konten dari pengguna tertentu dengan melihat sinyal seperti apakah Anda mengomentari kiriman mereka atau tidak dan sebaliknya.
Reels
Tujuan reels adalah untuk menghibur kita. Meskipun sama seperti explore yang menghadirkan akun yang tidak kita ikuti sebelumnya, namun secara spesifik tidak hanya interaksi kita di sebuah video reel dipertimbangkan, durasi kita menonton video reels sampai akhir ikut dipertimbangkan. Karena hal ini menjadi patokan bagaimana video tersebut dapat menghibur kita.
Post Info = Instagram memperhatikan Reels mana yang terakhir kali berinteraksi dengan kita, untuk memahami konten yang mungkin paling relevan untuk kita.
Histori Interaksi = beberapa video yang di munculkan di reels mungkin baru untuk kita, namun jika kita pernah berinteraksi dengan video-video tersebut sebelumnya, ini membantu instagram seberapa tertarik kita terhadap konten-konten mereka.
Reels info = elemen konten dalam reels membantu instagram untuk merangking video dengan benar. Bahkan termasuk informasi mengenai seperti track dan popularitas audio.
Penyebaran = reels memberi kesempatan setiap orang untuk menjadi populer. Bahkan konten creator kecil dan baru juga memiliki kesempatan bersinar dan menjangkau audience lebih besar. Sehingga video yang menarik dan berharga sangat penting supaya dapat menarik orang untuk menonton sampai habis dan tergugah untuk melakukan engagement dan mendorong Instagram untuk terus menyebarkannya ke sebanyak mungkin orang.
Explore
Karena explore bertujuan untuk menampilkan hal baru untuk kita, sehingga explore menampilkan konten-konten yang tidak kita ikuti sebelumnya. Meski demikian, konten-konten yang di munculkan berdasarkan pada prediksi instagram atas apa yang paling menarik perhatian kita.
Cara kerja nya adalah bagaimana kita berinteraksi pada postingan populer atau berkunjung pada suatu akun populer sebelumnya, lalu instagram melihat orang lain yang juga berkunjung atau berinteraksi diakun tersebut, lalu instagram melihat postingan dan akun-akun populer apa saja yang mereka ikuti, selanjutnya akun dan postingan-postingan populer ini yang akan instagram tampilkan di explore kita.
[Disarikan dari : influencermarketinghub.com]

Leave a Reply