Digital Marketing 101 : Tipe Konten Youtube

Sebagai sebuah platform digital yang paling favorit di Indonesia dan bahkan mengalahkan televisi, saat ini Youtube menjadi salah satu media yang efektif bagi sebuah brand membangun awarenes, engagement, hingga conversion. Meski demikian akan sangat melelahkan serta boros, jika sebuah brand harus terus menerus membuat konten yang bagus di setiap waktu. Disarankan kita membuat konten sesuai dengan momentum dan effort yang di berikan. Rumus dasarnya adalah 5 konten hygiene, 3 konten hub dan 1 konten hero. Mari kita bahas masing-masing dari tipe konten youtube tersebut.


Hero
Konten hero adalah konten puncak. Ini adalah tipe konten yang ditunjukkan untuk meraup jumlah penonton dalam jumlah yang besar, sehingga konten ini harus berpotensi viral, menggebrak, dan menarik semua orang untuk membicarakannya. Sebagai konten puncak, konten hero ini cukup menguras dana yang cukup besar, sumber daya yang banyak dan tenaga yang tidak sedikit. Sehingga tipe konten hero bagi sebuah brand ini mungkin hanya muncul satu sampai dua kali dalam setahun.


Hub
Sesuai namanya konten hub adalah suatu konten penghubung antara brand dengan audiensnya, sehingga konten hub menyematkan berbagai message nya kedalam format video-video pendek. Hub konten dalam implementasi nya tidak dibuat untuk menjadi viral dan biasanya dibuat per episode. Video-video yang termasuk kedalam konten hub misalnya video unboxing, first impression bahkan webinar.


Hygiene
Berbeda dengan konten hub, konten hygiene lebih bersifat informatif dan menjawab pertanyaan atau kebutuhan para audiens akan sesuatu. Di bandingan konten hub, konten Hygiene diproduksi lebih sering daripada dua tipe video sebelum nya. Tipe video yang termasuk konten Hygiene misalnya adalah video penggunaan sehari-hari, tips & trick dan juga panduan.


Dalam implementasinya pada Digital Marketing, ketiga kombinasi video tersebut biasanya digunakan oleh sebuah brand untuk meluncurkan sebuah produk. Misal kita bisa mulai sebuah konten Hero untuk produk terbaru kita, lalu membuat video-video kecil tentang unboxing produk baru kita, serta pada tahap hygiene membuat berbagai kampanye pemakaian produk kita sehari-hari pada tahapan hygiene.
Demikian uraian saya tersebut mengenai tipe konten youtube. Feel free to ask ok !

Mari Terhubung bersama saya untuk mendapatkan berbagai tips, trik dan sharing mengenai pengalaman saya di bidang Kewirausahaan dan Digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *